Penyakit Hernia Pada Pria

Penyakit Hernia Pada Pria – Penyakit hernia bukan lah penyakit menular dan hanya terjadi pada pria. Hernia yang juga dikenal sebagai penyakit turun berok yang menyerang bagian dalam rongga perut yang berguna mendukung fungsi organ vital pria.

Penyakit Hernia Pada Pria

Penyakit Hernia Pada Pria

Penyakit Hernia

Jika diteliti mendalam, hernia merupakan bagian tubuh yang didalamnya terdapat beberapa bagian, seperti cincin, kantong serta isi hernia tersebut. Isi hernia terdiri dari usus, ovarium serta jaringan penyangga usus yang disebut dengan omentum. Namun apabila terdapat unsur yang dapat melepaskan lapisan otot dinding perut akan berakibat pada usus yang berpindah keluar menuju diafragma yakni bagian batas antara perut serta dada atau bisa juga timbul di suatu lipatan paha ataupun pusar.

Secara umum, Penyakit Hernia Pada Pria tidak menyebabkan nyeri, namun apabila hernia telah memasuki atau terjepit di cincin hernia, maka hernia akan menimbulkan rasa nyeri yang sangat menyakitkan. Rasa nyeri ini timbul akibat adanya infeksi pada bagian yang terjepit dan infeksi yang terjadi dapat menyebar ke bagian organ tubuh lainnya yang pada akhirnya akan mengakibatkan resiko yang cukup fatal yang mengancam jiwa.

Penyebab penyakit hernia dapat menyerang segala usia dari anak-anak, dewasa hingga usia lanjut. Penyakit hernia pun juga dapat menyerang pada bayi, hal ini disebabkan oleh tidak sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup yang terjadi pada saat turunnya buah zakar. Jika Penyakit Hernia Pada Pria menyerang orang dewasa atau orang tua usia lanjut, umumnya disebabkan oleh tekanan tinggi yang terjadi di bagian rongga perut, serta adanya kelemahan pada otot dinding perut yang timbul karena usia yang semakin bertambah.

Penyakit Hernia Pada Pria biasanya menyerang pria yang melakukan pekerjaan atau sering mengangkat beban berat di dukung oleh usia yang semakin tua dan kondisi fisik yang semakin melemah akan memberi peluang cukup besar terserang penyakit hernia.

Untuk masyarakat awam kebanyakan mengenal penyakit hernia dengan istilah turun berok, burut atau juga klingsir. Dan selain itu juga ada yang mengatakan adanya suatu benjolan yang terjadi pada selangkangan dan bagian kemaluan. Benjolan ini bisa mengecil atau bahkan menghilang disaat tidur atau juga disaat menangis sambil mengejan atau disaat mengangkat beban yang berat dan jika posisi dari pasien beridir maka bisa kembali muncul. Jika sudah terjadi suatu komplikasi maka bisa ditemukan nyeri.

Keadaan yang paling umum dari pasien biasanya akan terlihat baik, disaat benjolan tidak terlihat dan disaat pasien sedang disuruh untuk mengejan dengan cara menutup mulut dalam keadaan sedang berdiri. Jika ada hernia maka biasanya akan terlihat juga benjolan. Kika memang sudah terlihat suatu benjolan, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan apakah benjolan ini bisa dimasukkan lagi atau juga tidak. Pasien biasanya diminta untuk berbaring dan kemudian bernapas lewat mulut untuk membantu mengurangi terjadinya tekanan secara intra abdominal, dan kemudian setelah itu skrotum diangkat dengan perlahan-lahan. Diagnosa yang ditegakkan pada penyakit hernia umumnya sudah bisa ditegaskan lewat pemeriksaan secara klinis dengan lebih teliti lagi. Keadaan dari cincin hernia yang juga sangat dibutuhkan untuk diperiksa. Lewat sktorum jari telunjuk ini kemudian dimasukkan lewat atas lateral dari tuberkulum pubikum. Kemudian ikuti fasikulus spermatikus sampai menuju ke arah annulus inguinalis internus. Dan dalam keadaan yang normal jari tangan juga tidak bisa masuk. Biasanya pasien akan diminta mengejan dan juga merasakan apakah masih ada massa yang menyentuh pada jari tangan. Jika memang massa tersebut masih menyentuh ke ujung jari maka biasanya dinamakan dengan istilah hernia inguinalis lateralis. Sedangkan jika menyentuh ke sisi jari maka diagsnosis yang ditegakkan adalah diagnosis hernia inguinalis medialis.

Penatalaksanaan Penyakit Hernia

Penatalaksanaan yang dilakukan pada penyakit hernia pada pria adalah dengan penalataksanaan medical. Gejala hernia yang tidak bisa terstrangulata atau juga inkarserata bisa terjadi secara mekanis berkurang. Dan suatu penyokong bisa juga digunakan untuk membantu mempertahankan penyakit hernia berkurang. Selain itu, penyokokng ini adalah salah satu bantalan yang biasanya diikatkan tempatnya dengan menggunakan sabuk. Bantalan ini kemudian ditempatkan pada atas hernia setelah penyakit hernia tadi diatasi dan dikurangi dan kemudian dibiarkan pada tempatnya untuk membantu mencegah terjadinya kekambuhan lagi. Klien atau pasien biasanya harus lebih cermat dalam memperhatikan kulit yang ada pada bawah penyokong untuk memanifestasikan terjadinya kerusakan.

Selain itu, penatalaksanaan dengan tindakan bedah adalah satu-satunya bentuk cara mengobati hernia atau pengobatan pada penyakit hernia inguinalis yang rasional. Dan indikasi dari operasi yang sudah ada ini begitu melakukan penegakkan diagnosa. Prinsip yang paling dasar dari operasi penyakit hernia biasanya terdiri dari herniotomi, hernioplasti, dan herniorafi. Pada kasus herniotomi, maka biasanya akan dilakukan suatu pembebasan pada kantong hernia sampai menuju ke lehernya, kemudian kantong dibuka dan setelah itu isi dari hernia kemudian dibebaskan jika memang ada suatu perlekatan, kemudian dilakukan direposisi. Kantong hernia kemudian dijahit, dan diikat setinggi mungkin setelah itu baru dipotong.

Komplikasi Hernia

Komplikasi yang terjadi biasanya adalah :

  1. Terjadi suatu perlengketan pada isi hernia dengan isi dari kantung hernia sehingga isi dari kantung hernia tadi tidak bisa dikembalikan ke bentuk semula. Dan keadaan seperti ini disebut dengan hernia inguinalis lateralis ireponibilis.
  2. Terjadinya suatu penekanan pada cincin hernia akibat dari banyaknya usus yang masuk tadi.

Penyakit Hernia Pada Pria


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Hernia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Penyakit Hernia Pada Pria

  1. pulung says:

    apakah hernia bisa menyebabkan pria impotensi dan ejekulasi dini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *