Tips Mencegah Hernia

Tips Mencegah HerniaPenyakit Hernia atau yang lebih dikenal sebagai penyakit yang melanda pria akibat turun berok, sedangkan dalam bahasa medis penyakit hernia yang banyak di derita pria, meski wanita memiliki resiko yang sama, namun penyakit hernia ini jarang sekali melanda wanita.

Tips Mencegah Hernia

Tips Mencegah Hernia

Penyakit Hernia

Setiap aktivitas yang disertai dengan terjadinya peningkatan tekanan di dalam perut biasanya akan membuat kondisi dari penyakit hernia menjadi semakin memburuk dan semakin parah. Ciri-ciri yang muncul dari penyakit hernia ini juga bisa bermacam-macam semuanya tergantung dari keadaan.

Gejala Hernia

Gejala penyakit hernia adalah :

  1. Rasa nyeri atau sakit dibagian perut bawah, kemudian rasa sakit ini akan semakin terasa saat penderita sedang batuk, sedang mengejan dan juga saat mengangkat beban yang sangat berat.
  2. Munculnya benjolan pada sekitar selangkangan atau juga didaerah sekitar perut. Biasanya benjolan ini juga akan semakin meningkat ukurannya disaat penderita sedang berdiri atau sedang ada tekanan perut yang mengalami peningkatan. Dalam beberapa kasus, benjolan atau tonjolan yang keluar biasanya disertai dengan rasa sakit yang jika dibiarkan secara terus menerus akan membuaat penyakit hernia menjadi masuk ke dalam skrotum.
  3. Kadang muncul rasa sakit yang juga disertai dengan demam. Jika usus tadi sudah terjebak atau juga terjepit dalam jangka waktu yang lama maka hal ini akan menimbulkan terjadinya kerusakan yang biasanya ditandai dengan muntah serta mual. Selain itu, munculnya nyeri yang selalu hadir ini biasanya juga disertai dengan gejala pada saluran pencernaan.

Jenis Penyakit Hernia

Penyakit hernia terbagi menjadi beberapa jenis, jenis penyakit hernia adalah ;

  1. Hernia reponibilis
    Hernia ini merupakan hernia yang isinya masih bisa keluar masuk jika sedang berdiri atau juga saat sedang mengejan dan kemudian setelah itu masuk lagi disaat sedang berbaring atau saat hernia didorong masuk kembali.
  2. Irreponibilis
    Hernia jenis ini adalah hernia yang tidak bisa keluar masuk kembali. Atau jga karena isi kantung dari hernia yang tidak bsia dikembalikan menuju ke tempat awalnya.

Sedangkan berdasarkan kejadian, penyakit hernia atau turun berok dibagi menjadi :

  1. Penyakit hernia kongenital
    Penyakit hernia jenis ini merupakan hernia bawaan lahir. Misalnya hernia umbilicalis yakni adalah penyakit hernia dibagian pusar yang menonjol disaat bayi sedang menangis, sedang mengejan, saat sedang batuk dan saat sedang melakukan aktivitas yang lain yang bisa membuat tekanan pada rongga di dalam perut mengalami peningkatan.
  2. Hernia bisa juga muncul akibat beberapa faktor penyebab hernia.

Mengobati Penyakit Hernia

Cara mengobati gejala hernia secara alami adalah :

  1. Ramuan 1
    Cara mengobati gejala hernia dengan menggunakan bahan dibawah ini :
    Bahan : 1 butir telur ayam kampung, 3 sendok makan madu asli, 3 sendok makan minyak samin, air putih secukupnya saja.
    Cara membuat : tuangkanlah telur ke dalam gelas, madu asli dan juga minyak samin. Kemudian tambahkanlah sedikit air. Setelah itu aduklah sampai semuanya tercampur merata. Dan kemudian setelah itu diminum di pagi hari, hasilnya biasanya Anda akan merasakan pada perut terasa sakit. Dan jika ramuan ini diminum secara berulang, maka akan bisa sembuh penyakt hernia atau poros yang sedang Anda alami. Anda bisa mencoba resep ini.

Tips Mencegah Penyakit Hernia

Tips mencegah hernia dan gejala hernia agar tidak muncul adalah :

  1. Mengurut atau melakukan pijat tradisional lewat orang yang berpengalaman membantu mengatasi turun berok atau hernia.
  2. Kurangilah mengangkat beban yang berat namun seandainya sudah terlanjur dilakukan, maka sebaiknya disaat Anda mengangkat barang sebaiknya tekukkan lutu dan kita mengangkatnya dari bawah misalnya seperti lifter atau juga seperti atlit angkat besi.
  3. Membiasakan diri dengan menggunakan celana dalam
  4. Membuasakan diri sebelum sarapan mengangkat kaki ke atas dan bokong yang menempel pada dinding sambil mengurut perut ke arah dada. Lakukanlah cara ini paling tidak 5-10 menit.
  5. Masukkanlah jari ke mulut setiap pagi hari sebelum sarapan seperti orang agar mau muntah, hal ini bisa bertujuan untuk membuat usus akan tertarik ke atas dengan sendirinya dan mencegah terjadinya hernia.

Namun bila pria merasakan atau mengalami suatu gejala yang tidak biasa terutama pada bagian ogan vital atau sekitar usus dapat melakukan suatu pencegahan sebagai upaya dini untuk memperkecil resiko dari penyakit hernia.

Berikut ini beberapa Tips Mencegah Hernia :

  1. Pertahankan berat badan ideal, sesuai dengan tinggi badan dan usia kita.
  2. Berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pola dan jenis makanan yang baik, jika kita menduga mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.
  3. Jadikan buah-buahan, sayuran dan biji-bijian sebagai hidangan wajib diet kita. Jenis makanan tersebut mengandung banyak serta yang dapat mencegah terjadinya sembelit.
  4. Berhati-hati saat mengangkat beban berat. Pastikan untuk mengangkat benda tersebut dengan hati-hati. Jangan paksakan untuk mengangkat sesuatu yang diluar kemampuan kita untuk mengangkatnya.
  5. Hubungi dokter saat menderita batuk berkepanjangan
  6. Berhenti merokok. Merokok dapat menyebabkan batuk dan ini dapat mengguncang otot-otot abdominal.

Beberapa tips mencegah hernia dan gejala hernia diatas bisa membantu menghindari serta mengatasi hernia atau turun berok sejak dini. Kemudian jika memang hernia yang Anda alami sudah parah lakukanlah pemeriksaan ke dokter.

Tips Mencegah Hernia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Pro-Hernia Untuk Membantu Mengatasi Penyakit Hernia, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Gejala Hernia and tagged , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Tips Mencegah Hernia

  1. celana hernia bayi says:

    makasih banyak artikelnya gan

  2. celana hernia bayi says:

    oke terima kasih banyak gan informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>